Friday, December 02, 2005

Video Indonesia 80-an

Yang pernah merasakan jaya-jayanya era rental video tahun 80-an… tulisan gw ini boleh dibaca. Tapi kalo umur kalian masih 9,10,17,20…go back to your Kim Possible. Soalnya gak bakalan ngerti. Aight...

Dulu gw demen banget nonton film Indonesia. Gw besar di Medan, dimana kaset-kaset video bukan memakai Betamax (seperti Jakarta dan Jepang) , tetapi PAL-VHS ( Amerika dan Medan.. ).

2 hari sekali "tukang video" (kami namakan pekerjaannya itu ) datang pake motor dengan tas yang berisi kaset film-film terbaru. Kalo gak salah, tas itu muat sekitar 33 judul.

Biasalaaah... seperti anak-anak yang haus film di early 80’s, gw selalu nanya : "Baang..Voltus yang ketiga udah ada?". Si tukang video langsung mengeluarkan kasetnya dan melemparkannya "here ya go...fetch!". Gw langsung lari-lari berusaha ngambil kaset yang terbang dengan mulut....wait..that’s not me.. it’s my dog actually.

Mmm..key.. Gw suka dengan film-film Indonesia. Apalagi yang horror. Makanya kalo sekarang TV swasta kita muter film Sundel Bolong, gw selalu bikin nasi tumpeng dirumah, ngundang tetangga-tetangga untuk nonton bareng

Saking seringnya nonton film Indonesia, sampe-sampe saat ini, ada beberapa adegan film Indonesia yang terekam diotak gw dan gak bisa gw lupakan. Beberapa Adegan-adegan dari 10 film itu selalu terngiang dikepala gw…


  1. Ira Maya Sopha dan Kakek Ateng. Saat Ira Maya terjatuh dari sepeda dan kakinya harus diamputasi. Gara-gara nonton film ini gw jadi trauma naik sepeda.

  2. Darna Ajaib. Film superhero-nya Indonesia dibintangi Lydia kandow (yang kostumnya mirip Wonder Woman dicampur dengan kostum Tari Piring Sumatera Barat...). Saat bayi "Malia" (Ria Irawan masih kecil bgt) keluar dengan kepala manusia berbadan ular. "mama..mama..." Whoaa.. cool...


  3. Pengabdi Setan. Film hantu Indonesia paling serem yang pernah dibuat. Saat keluarga yang diganggu hantu belajar sholat, trus kaca jendelanya dilempari batu dan zombienya HM Damsyik keluar dari lemari sambil bawa pocong anak-anak. Gara-gara nonton film ini gw trauma buka lemari (ooookeeeey...)

  4. Sundel Bolong. Suzanna rocks! Adegan makan sate 200 tusuk dan soto sama pancinya pasti masih banyak yang ingat. Tapi yang gw heran.. kenapa Suzanna disetiap filmnya hobi banget jadi korban perkosaan??? Diperkosaaaa mlulu.. That's why she rocks.

  5. Buah Hati Mama. Saat anak tengah mereka lari dari rumah dan sakit. Trus didalam mimpinya anak itu dipanggil2 sama orang2 berjubah hitam dan diseberangnya ada orang2 berjubah putih. Maksud Sutradaranya, kalo milih baju putih berarti masuk surga..kalo milih hitam berarti masuk neraka. Lah..sama-sama mati dong..

  6. Tahu Diri Dong. Film Warkop. Disini gw melihat keajaiban dunia ke 8. Bulu ketek Eva Arnaz. Okey. Ew.

  7. Operasi Tinombala. Saat Mak Wok mati karena jatuh dari pesawat dan para survivor rebutan susu bubuk yang akhirnya jatuh ke sungai. Ntah kenapa gara-gara film ini gw hobi banget makan susu bubuk gak pake air.

  8. Pengkhianatan G30S/PKI. "Papi...papi..." & "Mak...makanan raja-raja itu gimana sih.. ooo enak-enak seDep SeDep...." & "Hapus darah-darah itu... jangan sampai adik-adikmu melihat" dialog-dialog ini masih sering gw pake..sampe sekarang! Haha.

  9. Bayi Ajaib. Ingat adegan tangan yang keluar dari lubang kakus? That freaks me out.. Gara-gara film ini......gw tetep ke toilet dong... gila apa

  10. Tuyul eee..Ketemu Lagi. Tuyul-tuyul (Ateng,Iskak dkk) nggak tahan denger Adzan didalam TV. Volume TV sering gw kencengin kalo Adzan Maghrib gara-gara film ini.



Dari pencinta Video Indonesia 80-an: Riva

42 Comments:

At 2.12.05, Anonymous Anonymous said...

ngomong2 wonder woman aleas darna...dulu pemeran 5 ceweq jagoan siapa aja ya: hmmm...Eva arnaz, Lidya Kandau, Lia Waroka(?), Dana Christina, Eni Beatrice(?)...ha ha super jadul...

Terus ada juga tuh film Ira maya yg 5 bersaudara bandel2: pemerannya siapa aja yak?
Ira Maya, Ria Irawan, Ryan Hidayat, Dina Mariana (?) ...sama yg paling kecil tuh si ini khan: kiki sandra amelia....hi hi inget masa SD...

suting nya ira maya kake ateng kan di Lembang (Bandung atas) - terus di adegan akhirnya sebelum Ira tewas: doi jalan2 di pepohonan cemara khas lembang atas (yg tembus dago itu lho...) sambil diiringi lagu sendu: Daun-Daun Keriiiiing....yg jatuh berserakan....

(Oooh biarkan aku menangis ...)

Pelm Suzana(?) "beranak dalam kubur" aneh juga idenya - jaman itu kan rumah sakit bersalin belon mahal2 amat kan ya....he he

 
At 2.12.05, Anonymous Anonymous said...

rumah saya jaman segitu belum ada tipi apalagi video. video cuman ditanggap kalo pas ada yang hajatan.

tipi juga pada mulanya cuman ada di kantor kecamatan. satu, ditaro di box besi warna oren.

untung nggak lama kemudian tetangga ada yang punya tipi. sayang, tiap hari rabu nggak boleh diidupin, soalnya akinya lagi di setrum. :)

chip, bj and the bear. arie hanggara. pong harjatmo, ponirah terpidana, rhoma irama (kok awet yah?), operet lebaran.

eh ada satu lagi, acara tipi import yang bercerita tentang sekelompok anak kecil pengelola setasiun tipi. lagunya, 'we wanna kid song..'

pemaen bolanya, nury nere, hermansyah dan kawan-kawan.

pemaen volinya, pascal dan kawan-kawan.

pemaen bulutangkisnya, lim swee king melawan sidek bersaudara dari malaysia.

wah... saya sudah tua ternyata....


gre-
http://daunlontar.blogspot.com

 
At 2.12.05, Anonymous Anonymous said...

Lima cewek jagoan : Eva Arnaz (cewek jago lontar belati), Lydia Kandouw (cewek jago panah), Yati Octavia (cewek jago tembak) , Dana Christina (cewek jago motor cross), dan Deby Cynthia Dewi (cewek jago karate). Kecuali Lydia, kesemuanya jago berantem... :D

Judul film Ira Maya bersaudara lima yang bandel-bandel itu : Nakalnya Anak-Anak, dengan Zaenal Abidin sebagai ayah yang rada galak.

Lyriknya seperti ini :
Daun-daun yang kering
Aku berjalan sendiri....

Film ini juga sukses dikasetkan, dan senantiasa mengundang air mata saat diputar.... :D

 
At 2.12.05, Anonymous Anonymous said...

Tepatnya kaki Ira dipotong oleh karena kanker tulang yang ketahuan setelah Ira jatuh dari sepeda (kakinya dirontgen, dan hopla! ketemu kanker!).
Di sini Ria Irawan jadi tokoh antagonis pada mulanya namun akhirnya menjadi sahabat Ira....
Dulu saya punya kuartetnya....

 
At 3.12.05, Anonymous Anonymous said...

Kewl... baca review video ini jadi ngelempar gw ke jaman masih SD...
Gila masih pada inget ya..

 
At 3.12.05, Anonymous Anonymous said...

Iya tuh.. gara2 nonton trailernya "Bayi Ajaib", aku sempet beberapa minggu harus menunaikan hajat dengan penuh kewaspadaan :D ... bolak-balik ngeliat ke bawah.. jangan2 ada tangan yang nongol.. hahaha.. parno banget! Padahal cuma nonton trailernya doang lo!! gak brani nonton filmnya :D

Eh.. emang ada gitu yang nyewain video G30S? bukannya tiap tahun wajib nonton? ngapain nyewa :D

EssoWenni, aku juga pernah punya kwartetnya.. :D

 
At 4.12.05, Blogger Nurul Diana said...

hahhaa...
gw nulis tentang suzana juga..adegan makan sate sama soto itu yang gak bisa gw lupa..eh keluar tangan dari toilet juga ngebuat gw selalu liat ke bawah kl dulu pas kecil..n selalu minta ditemenin..

 
At 4.12.05, Anonymous Anonymous said...

Hanya ada SATU cinta
bukan tujuh bukan seribuuuuu

ACI: aku cinta indonesia
A-nya bisa Amir
C-nya bisa Cici
I-nya Itooooo

tapi ACI aku cinta Indonesia...

ada yg inget sinetron anak sekolahan di Bogor ini ngga?

pemerannya: Agil Sahriar, Wati alias Tursina Andriani (best villain dunia sinetron 80an sejajar dengan Boneng - Datuk Marringgih - Bu subangun...ha ha....

 
At 5.12.05, Blogger Ully said...

Hehehe yang bayi ajaib itu ternyata banyak yang trauma ya..:D Gw juga sama, secara gw masih kecil banget waktu itu, abis nonton, gw sampai ngga mau ke belakang berhari2, diempet bow hahahaha

Selain bayi ajaib, nyokap and kakak2 gw hobby minjem cerita silat yang sampai berpuluh2 seri itu. Di tahun 90-an cerita silat itu jadi ngetrend lagi ditayangin di TV-TV swasta, cerita macam Yoko dan bibinya itu gw nonton waktu gw masih kecil banget.

*sambil ngalamun......*

 
At 6.12.05, Blogger great ani said...

iya iya...walo baru 20 tahun...gw inget kok ada sewa2 video gitu....sayangnya dulu, tante2 gw seringnya minjem cerita silat gitu...yang kasetnya bisa berpuluh-puluh gitu...hehe..
dan buat ngerewindnya (bhubung video playernya rada rusak)...masih inget banget nih...malah pake garpu...hehehe

 
At 7.12.05, Blogger guario said...

Yang Ira Maya Sopha berlima sodara itu Nakalnya Anak-Anak, asli ngikutin The Sound of Music dengan hasil yang lumayan bagus. Urutan kakak-adeknya: Dina, Ira, Ria, Ryan, Kiki dan Pak Tino Sidin jadi asistennya Zainal Abidin sang Jenderal dan Muthia Datau (kalo nggak salah) jadi ibu gurunya:D.

 
At 14.12.05, Blogger Lili said...

eeeh...koleksi Disney gue jaman kecil juga pake VHS kayak gituh loh..inget gak Cinderella, Pinnochio, Snow White, Bamby, Sleeping Beauty, 101 Dalmation...
Kapan nih Disney VHS di bahas...?

 
At 20.12.05, Anonymous Anonymous said...

Film2 horor indo sekarang gakada apa=apanya dibandimg Pengabdi Setan...hiiiiiiiiiiiiyyyyyyyyyyyyy

 
At 23.12.05, Anonymous Anonymous said...

hi hi...asik bener ya ternyata taon 80an....sundelbolong suzanna tuh gak asa matinye...bang satenya 10 tusuk bang...hiii....
kalo acar tipi, dulu sempet ada sarana niaga atawa iklan....yang paling sering iklan kao feather shampo, shampo model bubuk karay rinso! he he...trus, kalo cuci baju pake sabun batang warna ijo cap tangan yang suka kita pakai biki pra karya mengukir....he he

 
At 29.12.05, Anonymous Anonymous said...

Hehheh seru deh.. Dallas dong tuh kan ngetop juga taon 80.. who kill JR?.. dtg ke USA sini juga kalo ngomongin taon 80 berakhir dengan Dallas.. heheheheh..

Darna tuh dr Malaysia.. gw masih inget pula nonton Super Girl di theatre hehehhe..

 
At 30.12.05, Anonymous Anonymous said...

weits....Damsyik jadi zombie itu adalah salah satu zombie yang paling mengerikan di seluruh dunia man!!!! hidup Pengabdi Setan!!! THE BEST Indonesian Horror!!

 
At 17.1.06, Blogger Dita said...

Waktu gue SD gue nonton Super Girl di bioskop di Taman Ria Monas (sekarang bioskopnya juga udah nggak ada tuh). Midnite. Eh, kursi yang gue dudukin dapet doorprize kaos Super Girl. Dapet ukuran S pula, pas bodi. Sejak saat itu gue merasa punya kedekatan dengan Superman (Super Girl sepupunya Superman kan ya?)

 
At 1.2.06, Anonymous Anonymous said...

wah..ulasannya keren bgt..jd nostalgila ke masa2 gw msh kecil bgt....
kalo film wiro sableng si kapak sakti 212 itu masuk 80an jg ga?
soalnya kalo gw ga salah inget waktu gw kecil film itu selalu ada n serinya banyak bgt, sampe2 om gw aja punya novel2nya....:D

 
At 27.2.06, Anonymous Anonymous said...

ya ampyun... sy sampe nangis kalo ingat masa2 itu! kangen pengen balik. tinggal di kampung, abis maghrib kita pada nonton video, mbayarnya 50 perak. Film2nya Barry Prima, Suzanna jadi idola. Blog ini betul2 hebat.....

 
At 11.3.06, Anonymous Anonymous said...

inget gua dulu nonton di bioskop lokasari, serem banget. Keluar bioskop bisa langsung ditodong, di dalem bioskop kursinya ada bangsat.........Hahahah...

home furnishings

 
At 10.5.06, Anonymous Anonymous said...

Iya dulu aku suka bgt ama film Indonesia..... terutama Film yg maen IIs Sugianto, Sejoli Cinta bintang Remaja.... sayang Dubbing iis nya.... dan seindah rembulan yg maen ama Chrisye..... gak berat dan sanati tuh film........
Bener tuh yg paling syerem Penganbdi Setan, apalagi waktu itu rumah gue seperti itu... Gede bgt dan Kuno.,....

 
At 20.7.06, Anonymous Anonymous said...

ada yang tau cerita lengkapnya darna?
yg lahir dengan badan ular itu dia???

 
At 17.10.06, Blogger indra said...

gile gile masih inget voltus V, Gaban, Sarifan, Gogle V oh.. my God gua masih inget nontonnya di rumah tetangga pulang sekolah sama anak2 satu RW, trus klo video silatnya si kwee ceng, sun go kong (top abizzz) filem indo siapa sih yang bisa ngelupain sundel bolong he he he or LUPUS (booo gila booo)yang maen ryan hidayat ya klo gak salah. kangen deh gua...

 
At 3.11.06, Anonymous Anonymous said...

hahaha.. asal tahu aja, di usia 32 begini, gw baru dpt akhirnya voltus dalam kemasan DVD 2 keping. dalam 2x24 jam tuntas 40 seri.

dulu susahnya mau dpt voltus seri terbaru, sering gak kebagian... :)
(akhirnya dendam terbalas)

bro..ada punya info ttg film GodSigma.nggak .. :)

 
At 23.11.06, Anonymous Anonymous said...

masih ada yg inget film "bing slamet sibuk" gak? emang sih gak setenar "nakalnya anak-anak" tapi gw suka banget ama itu film. yg maen edy sud, ateng, iskak, bing slamet. terus yg anak2 ada 6. salah satunya kalo gak salah si imaniar.

 
At 15.12.06, Anonymous Anonymous said...

wah...kalo ga salah yang bing slamet jd pembantu bukan...?? gw juga rada-rada kurang inget. Tapi kayaknya emang yang itu. nah.. si Adi jadi anak yang bandelbanget tapi berkat pembokat yang gak lain bing slamet keenam anaknya bisa lulus semua iya gakk?

 
At 2.1.07, Anonymous Anonymous said...

http://www.youtube.com/watch?v=nLR5b3zpSoA
trailer Pengabdi Setan!

 
At 12.2.07, Blogger Unknown said...

dulu biasanya gue ikut bokap gue nyewa video di jalan sabang yang ada toko video gedeee bgt , pada tau ga?

film favorite gue sih tetep ateng,

yang ateng naek ke tempat tangkie aer di atas terus ga mau turun gara-gara si iskak dipecat mak uwok

ada yg tau gak film-film lama kaya gini bisa didapet dimana??

 
At 6.8.07, Anonymous Anonymous said...

Gua juga seneng nonton film-film 80-an. Menurut gua sih keren aja, biarpun rada jadul, tapi tetep aja banyak yang di daur ulang. Misalnya The Bionic Woman (1975-Lindsay Wagner) diproduksi ulang oleh NBC dengan teknologi sinematografi yang canggih (nggak sesederhana sci-fi tahun 70-an), siap tayang di NBC September 2007 ini. Pemerannya cantik sih-Michelle Ryan, biarpun plot ceritanya udah nggak menunjukkan the real bionic woman. hehehehe.
Kalo Darna Ajaib, 5 Cewek Jagoan, dll, gua masih ingat betul. Soalnya dulu jamannya masih SD-SMP, suka sewa VHS di rental di Manado.....

 
At 15.8.07, Anonymous Anonymous said...

Rama Superman Indonesia itu film Taon berapa ya? Aku dulu nontonnya di layar tancep waktu penyuluhan KB jaman ORBA, ada juga film unyil jadi manusia, tragedi gas beracun (Lupa judul filmnya)dll
aku dul;u paling takut film "Kerasukan Setan" gara2 film ini aku gak berani tidur paling pojok dekat jendela hiii..

 
At 24.9.07, Blogger Dewi Pratomo said...

yang punya voltus...mauu dooong

 
At 26.11.07, Anonymous Anonymous said...

Anonymous said...
ada yang tau cerita lengkapnya darna?
yg lahir dengan badan ular itu dia???

bukanlahh itu musuhnya duh lupa tuh siapa namanya yang pernah dibotakin jadi Putri Giok. Kalo beneran itu dia mah jadi Nyi Blorong donk :)

yang ateng naek ke tempat tangkie aer di atas terus ga mau turun gara-gara si iskak dipecat mak uwok

ATENG BIKIN PUSING

 
At 7.12.07, Anonymous Anonymous said...

Jadi inget "BONDAN BERHATI EMAS" critana bondan(adi b s) n bpak emaknya adalah keluarga miskin yg mengabdi dikeluarga kaya(Biasa lah tokoh jahat Muni cader) yg mempunyai 2 anak yg satu juahat yg satu lg cewek buaek. Bang munir ini bener2 semenah2 ma kluarga bondan ampe2 pinjam duit buat brobat emaknya bondan ga dikasih yg ada malah mrk difitnah kerja ga di gaji utang malah numpuk pdhal kl utang ga dikasih, singkat cerita bondan skluarga diusir. Akhirnya bondan gawe diwarung makwok(ada lagunya "eh copöt-copot" nyanyi brg mak wok) deket tmpat cucian mobil, nah waktu itu om edy sud (critana ini orang kaya) lg cuci mobil disitu pas lg nongkrong di pingir kali, tau2 ada mobil yg oleng mnuju ke arah om edy, nah bondan melihat itu lgsung bereaksi cepat mendorong om edy ke kali, slamatlah dia. Bisa ditebak kan brubalah nasib bondan. Lah kok kebeneran om edy ini yg mau nyita rumahnya bang muni(dia ketepu hrtanya ludes) mau dikasih ke kluarga bondan, tp bondan baek mreka ttp disuruh tingal dirumah itu. Getu critana

 
At 1.1.08, Blogger MAMAPINDI said...

"PENGABDI SETAN" Film horor Indonesia paling TOOBB yang pernah dibikin. Ngingetnya aja masi bikin ngerinding!!! Salah satu adegan yang ga bisa dilupain.. waktu si Tommy tobat mo nyoba shalat/sembahyang..tiba-tiba..jreennggg..jendela kamarnya kebuka dengan angin2 khas film horor..trus si setan ada di depannya sambil nunjuk dan ngomong (dengan suara menyeramkan pastinya).."TOOOMMMYYYYY.....!!!!"...
Huuuaaaaaaa...nulisnya aja bikin mrinding!!! (kok malah bikin jadi takut mo shalat!! siakul tuh film :P) Hahahaha...
Sumpah kalo tuh film ditonton lagi, pasti gw bakalan sering nutupin muka pake bantal!!..
aiihiahiahia...ceyeeemmm..

 
At 10.2.08, Anonymous Anonymous said...

jadi inget pelem G30SPKI, ada quotes yang bakal gue inget selamanya, yaitu "...darah itu merah jendral, teken jendral..." ...duessss langsung deh disilet tuh jendral...mengerikan..mana tahan
btw bulu keteknya eva arnaz sungguh fenomenal loh saat itu ..kekekeke

 
At 7.5.08, Blogger baik_bagus_banget said...

hahaha...

gw benerna ketipu ama iklannya ira maya kakek ateng yg katanya kakinya kepotong karena loncat dari sepeda...

gw sedih beneran gak terima..; kan iklannya di koran2 sore gtu...

pas liat filmnya si emg bener ada adegan ira maya operasi potong kaki trus meninggal dibawa angels gtu...

tega bener ya anak sekecil gw diboongin iklan ngaco kaya gtu..; gw bisa komplen ke ira maya kalo ketemu dia skrg..hua...

ira maya waktu itu main iklan cetak intermie pas rame2 jakarta fair di kemayoran..; mall paling sarinah pusat...

waktu itu idola cilik lum bnyk; plg ryan hidayat dina mariana ira maya...

trus kalo kejadian iramaya mati beneran kan emg gw wkt itu sedih bgt hahhaa..

tapi anak kecil sekrg ga bisa lagi diboongin kaya jaman gw ecil dulu hahaha..

mereka beruntung ya....

 
At 3.10.08, Blogger afreezal said...

apa punya film nya nakalnya anak-anak nih bisa saya minta filmnya

 
At 3.10.08, Blogger afreezal said...

gw mau banget tuhfilm nakalnya anak2 hp gw 08121526666

 
At 29.9.09, Anonymous Anonymous said...

Untuk film g30s/PKI, dialog saat mau nyilet itu yg bener itu 'darah itu merah' atawa 'kain ini merah'.

Coz seingatku kronologisnya seorang Gerwani yg baru aja makai jas dan ngambil silet di celah dinding bambu kemudian jalan menuju salah satu jenderal yg matanya diikat dgn kain merah. Lalu si gerwani itu nglepasin kain itu sambil mengayunkan dgn pelan di depan mata sang jendral sambil berkata, "kain ini merah Jendral... Seperti amarah"

Sesaat setelah berkata seperti itu, sang gerwani lalu menyayat wajah sang jendral.

 
At 11.1.10, Anonymous Anonymous said...

hahahahaha yg maen buah hati mama kaka saia tuh yg masih kecil waktu itu tau siapa hehehehe.....??

doi jg maen di film laen dengan kambing bernama intan siapa kah dia hehehe

 
At 20.2.10, Blogger Wigar said...

kita-kita berharap lho untuk TVRI ato pihak2 yang masih punya master/arsip fil kisah Cinderella Ira Maya Shopa berkenan mengcopy kembali dan menggandakannya , saya pasti beli .. dan pasti banyak peminatnya . Film2 sekarang juga banyak , tapi wheealah... gak ada yang berbobot ...

 
At 23.10.21, Blogger Sutne Nawainruk said...

Sampe setua ini, saya masih merasa serem kalau denger suara "kolecer" (Baling baling bambu), gara gara nonton film Dikejar Bayangan Dosa, dimana dalam film itu setiap meenjelang malam, ada bunyi "kolecer", munculah setan gentayangan....

Umur udah 50 tahun lebih, masih merinding aja kalau denger suara kolecer....

 

Post a Comment

<< Home