Tuesday, November 07, 2006

Lima Sekawan

Ini dia novel petualangan remaja yang sempat merajai dunia bacaan di 80-an. Dari anak-anak, remaja, mungkin juga sebagian orang dewasa keranjingan baca serial yang satu ini. "Lima Sekawan" karya Enid Blyton, bisa dibilang salah satu icon buku 80-an yang paling bersinar.

Harganya per buku sih memang 'cuma' Rp. 2000-an .. tapi ya itu duit jaman dulu yah.. jaman bakso semangkok cuma cepek :O ... Huhuhuhu, kalo saja buku jaman sekarang semurah itu yaaa...

Judul asli serial ini dalam bahasa Inggris adalah "The Famous Five". Entah bagaimana prosesnya, terjemahan Indonesianya jadi "Lima Sekawan". Sebenernya judul Indonesianya itu malah lebih pas, karena mereka dalam cerita itu bukanlah anak2 terkenal hingga layak menyandang julukan "The Famous". Mereka lebih cocok dibilang sebagai 'sekawanan' petualang. Lima Sekawan.

Kembali ke Lima Sekawannya sendiri. Mereka terdiri dari tiga bersaudara Julian, Dick, Anne, ditambah saudara sepupu mereka Georgina yang lebih suka dipanggil George dan anjingnya Timothy atau Timmy. Julian bisa dibilang jadi pemimpinnya karena dia yang paling tua dan memang bisa diandalkan. Dick adalah tukang ngocol yang suka nyela2 anak lain. Anne sebagai si bungsu yang feminin, yang sebenarnya tidak terlalu suka dengan petualangan yang menegangkan. Sementara George adalah gadis tomboy keras kepala yang memang pengen dianggap sebagai anak laki2. Timmy anjing lucu dan penurut, tapi juga bisa galak jika diperlukan.

Buku Lima Sekawan


Film Seri Lima Sekawan



Ditulis oleh anggota "Dasa Siaga": Q
Sumber: Enidblyton.net, Wikipedia, dan Bonus Majalah Hai 1984



Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

145 Comments:

At 7.11.06, Blogger Prelude, Interlude, Coda said...

Mereka lebih cocok dibilang sebagai 'sekawanan' petualang. Lima Sekawan. Meskipun bisa bikin bingung orang jawa, karena dalam bahasa jawa halus, lima itu 'gangsal', sedangkan 'sekawan' adalah empat... penting nggak sih :P <<=== Eekkeekekekekekekkeek

ga penting sih kak kiuuhh... ekekekkekekekkekekek

aku punya tuh kased 5 sekawan... tp ga di rip ama ghia... soalna suarana MONO.... ekeekkekkekekeek

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

LIMA SEKAWAN TOP!

Kadang-kadang saya ada rasa penasaran bagaimana ceritanya kalau mereka sudah besar. Apa George akan jadi feminin? Bagaimana Julian, Dick & Anne kalau sudah dewasa? :D

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

yayaya saingan lima sekawan adalah "sapta siaga" masih inget???

well di TV pernah ada film lima sekawan, tapi... sayangnya karena TV gw dulu hitam putih... dan kebetulan adegan lima sekawan kebanyakahan di tempat yang gelap2..jadinya payaaah nontonnya

 
At 7.11.06, Blogger Kinjeng said...

sing penting post dhisik..
bacanya nanti dulu :P

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

Liat poto lima sekawan yang ada alat perlengkapan detektif..jadi inget dulu waktu SD main2an detektif pake lima sekawan itu disamping sekolah :) thanks for the sweet memories ka Q - Farah

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

Lima sekawan memang lebih populer... tp gw tetap lebih suka trio detektif & pasukan mau tahu. -- ??? --

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

Roti lapis daging buatan Bibi Fanny... kue coklatnya... dan tentu saja Limun Jahe... yummy banget kayaknya.

Jangan lupa: sosis yang dipangang sampai merekah kulitnya.. :p

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

sapta siaga juga dikarang oleh enyd blyton kan??

setelah enyd blyton wafat, cerita ini masih dilanjutkan oleh pengarang yang berbeda (berkebangsaan prancis)

sehingga setting tempat yang sebelumnya inggris diubah menjadi prancis.. (baik lima sekawan maupun sapta siaga)

berhubung aku dulu masih kecil, ga terlalu interest dengan novelnya.. [cuman baca halaman komiknya aja, :D)

jokowaluyo1976@yahoo.co.id

 
At 7.11.06, Blogger Enda Nasution said...

Wah itu film seri 5 sekawan paling ditunggu di TVRI, dan pastinya ketutup Adzan Maghrib =))

Gue rada telat baca 5 sekawan sih, maklum belum sejadul kawan-kawan disini (hihihi), justru yg versi selanjutnya, yg setengah komik itu yg gue kumpulin dan lengkap!

Beberapa karangan Enid Blyton lagi yang sempet muncul di Gramedia dan gue suka adalah Sapta Siaga, Seri Petualangan dan Seri Komplotan

Ciri buku2xnya Blyton yg untuk anak-anak adalah adanya binatang2x (anjing, burung, monyet dll) serta di kelompok anak2xnya biasanya ada yg berhubungan keluarga (adik-kakak)

Buku favorit lain dan tentunya no 1 adalah Trio Detektif

 
At 7.11.06, Blogger Pojok Hablay said...

punya komplit kemudian hilang, skarang dalam masa mengumpulkan ulang, tapi gak mau versi baru, maunya lama dan bukan versi komik.

gue generasi lima sekawan banget, terinspirasi abis, dan kemudian suka bikin misteri boong2an, nyari clue di sawah belakang rumah :))

 
At 7.11.06, Blogger Iqbal said...

Lima Sekawan - Memburu Kereta Api Hantu ... itulah jawaban kuis yang bisa gw tebak di room 80 ... huahahahaha .... *sombong*

 
At 7.11.06, Blogger Ira said...

wah..kangen banget neh ama lima sekawan.... yang bikin gue dulu suka bingung.. mereka nggak pernah di ceritain pengin pipis atau pup ya

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

walopun 5 sekawan lebih terkenal tapi dulu rasanya lebih seru sapta siaga, soalnya pake kode sandi rahasia segala untuk bisa masuk markasnya, belum termasuk para pengganggu seperti susy dan binky (hihihi.. masih inget tuh gw!).

o ya, selain soal limun jahe, jangan lupa guest star (atw supporting role) tetap, JOAN -- si juru masak.

perasaan joan ini jadi juru masak di banyak karya enid blyton deh. jangan2 dia emang freelancer? *lirik2 melly*

 
At 7.11.06, Anonymous Anonymous said...

Aku ingat si Timmy. Sampe2 anjingku beberapa generasi aku namakan Timmy, hehehe betul2 Famous 5 mania. Sampe sekarang pengen banget punya anjing Border-Collie kayak Timmy, apa ada yg mau nawarin gw?

 
At 8.11.06, Anonymous Anonymous said...

Sampai beberapa judul, aku sempat mengira kalau George itu cowok.. Baru judul ke sekian baru ngeh kalau George itu cewek yang aslinya bernama Georgina.

 
At 8.11.06, Blogger mina said...

Q, posting ini juga di book review mu dong :) kan menarik, biar dibaca para kutu.

aku dulu juga gak mampu ngumpulin 5 Sekawan :D soalnya dah ada teman yang koleksi (sampe sekarang masih ada koleksinya, huh, bete). dia khusus koleksi Lima Sekawan dan serial Komplotan (Snubby dkk). aku koleksi serial Petualangan (Kiki), PasMaTa, dan semua serial sekolah (tapi udah ilang semua). Sapta Siaga? aduh ini gak termasuk koleksi, karena kok kekanak2an banget *sombong* hehehe. Dan ya, betul, makanan adalah daya tarik tulisan2 Enid Blyton. di pesta tengah malam di serial sekolah tuh ada: "sarden dicelupin di limun jahe", "menggoreng susis", "coklat", "kue ulang tahun super besar", dsb.

My fave book dalam serial ini adalah: Minggat, Nyaris Terjebak, Memperjuangkan Harta Finniston, Jo anak gelandangan. Rahasia Logam Ajaib tu yang ada "Dai! Tang! Bob! ..." itu ya?

about the movie: I love Dick very much! -halah-

 
At 8.11.06, Anonymous Anonymous said...

Satu hal yang membuat Lima Sekawan mirip kayak Unyil, tokohnya nggak tambah tua! Lihat aja itu 21 petualangan biasanya terjadi ketika liburan musim panas yang cuman setahun sekali (kecuali ada negara yang musim panasnya 2-3-4 kali setaun).

 
At 8.11.06, Blogger guario said...

Jangan lupain PASUKAN MAU TAHU! Gara-gara baca serial ini, gue ikut-ikutan meres jeruk dan berusaha bikin surat rahasia pake tinta air jeruk:D. Dan gue minta dikunci adek gue dari luar dan nyorongin koran buat tempat kunci jatuh. Sialnya, pintu kamar gue rapat dan nggak ada ruang buat kunci, jadi gue terpaksa teriak2 minta dibukain hehe....

Lima Sekawan adalah buku yang bertanggung jawab bikin gue jadi Kutu Buku. Jadi, boleh dibilang, gue utang budi sama Enid Blyton *menjura hormat*

Tapi Q, buku Lima sekawan udah diterjemahin Gramedia dari tahun 78 atau 79! Gue udah beli dari harga 800 deh kalo nggak salah:D. Dulu ambisinya mau baca Lima Sekawan versi bahasa Inggris. Tapi stralah:D, mahal bo.

 
At 8.11.06, Anonymous Anonymous said...

bahas lupus dunk....

 
At 8.11.06, Anonymous Anonymous said...

wah, jaman aku beranjak ingusan dulu cuman kebagian cerita dari ortu dan kakak2 doang...sampe2 klo ada anak2 ngumpul dijuluki 5 sekawan (walo yg ngumpul ga mesti 5)... jaman skrg ada yg nyaingin buku spt itu gak ye? yg nambahin serunya bernjak ingusan memble ;p

btw.. lupus boleh juga tuh dibahasss

 
At 8.11.06, Anonymous Anonymous said...

wah iya banget nih,.... dulu gue terinspirasi banget sampe ngumpulin temen2 buat bikin Lima Sekawan tandingan versi Jawa. Tapi sayang gak ada yang mau jadi Timmy the dog ...:))
..hmmm ..lagunya aja sampe apal sampe sekarang, padahal dulu masih SD ...
Julian, Dick and Anne, George and Timmy the dog ...

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

Lama banget tak ke sini... Ada 5 sekawan! Selain Sapta Siaga masih ada Pasukan Mau Tahu karya Enid Blyton juga . Juga seri petualangan yang lebih seru, dengan Kiki si burung kakaktua sebagai maskotnya. Dari kesemuanya saya paling suka seri petualangan. Lebih seru! Lokasinya eksotis, mendebarkan, dan lebih nyerempet2 maut... :-D

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

aku juga baca lima sekawan, tapi lebih suka trio detektif :-)

 
At 9.11.06, Blogger Kasarung Jr. said...

kebetulan, baru kemaren2 bongkar gudang, iseng2 lagi baca buku-bukunya Enid. Pernah bertanya2, dengan makan selahap itu dan sering bertualang outdoor.. kok nggak pernah diceritain susahnya cari tempat buat [sorry].. boker!

(BTW, pada sadar nggak sih, kalau penulis trio detektif itu ganti2, dan bukan Alfred Hitchcock!)

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

penulis trio detektif itu ganti2???
sadar banget :D apalagi seri yg dia udah gede, ceritanya jadi ga seru! *ato mungkin karena yg mbaca jg ikutan nggede ya?? :P*

dulu tiap kali bapak ke jawa, pasti minta beliin buku2 detektif, kebetulan yg paling sering dibeliin ya trio detektif, jd kalo 5 sekawan banyakan minjem temen :D
tapi sampe sekarang blom pernah baca sapta siaga *kirain yg ngarang orang indo :P*

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

Akhirnya...
ada juga yang aku ngerti... 5 sekawan.
Kenalnya dari perpustakaan sekolah.
Lima Sekawan asik, tapi ??? lebih seru.
Ohh.. pengarangnya beda, pantesan rasanya juga beda, baru ngerti sekarang.

Trims

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

Lima sekawan itu artinya MAKANAN ENAK. Limun jahe limun dingin, roti yang masih hangat dan empuk, iyaaaa roti lapis daging, ham, sandwich keju -- gila sampe netes2 liur gue ngebayanginnya.

:D

 
At 10.11.06, Blogger Dodol Surodol said...

Sori, Q, kayaknya judul ama deskripsi singkatnya ada beberapa yang salah deh :)

Berkelana itu yang "LS berlibur dengan menggunakan karavan. Di tengah perjalanan mereka terhenti oleh rombongan sirkus, yang sayangnya tidak semuanya berniat menghibur orang." Ini yang ada si Pongo simpanse.

Rahasia Harta Karun itu yang "Dick melihat kilatan cahaya lampu dari jendelanya. Apakah seseorang sedang mengirimkan kode? Ada berita bahwa seorang buronan ada di sekitar situ." Ini yang ada Dua Pohon, Air Suram, Saucy Jane, Maggie tahu.

Jo Anak Gelandangan itu yang "George dan Timmy menghilang. Bukan hanya itu, Pondok Kirrin juga dibobol orang. Adakah hubungan antara keduanya?" Ini yang ada Jo anak gelandangan *duh*

Sarjana Misterius itu yang "LS kembali berlibur dengan karavan. Mereka menemukan reruntuhan puri tua. Tapi wajah siapakah yang mengintip dari jendela puri itu?" Ini yang ada ular sanca en Bufflo si jagoan pecut.

Sirkus Misterius itu yang "LS berkemah di dekat rumah seorang sarjana peneliti. Ketika lembaran2 penelitian si Sarjana tiba2 raib, ia membutuhkan bantuan untuk menemukannya kembali." Ini yang mereka nginep di tempat si Utik.

 
At 11.11.06, Anonymous Anonymous said...

haduuuh... buku lima sekawanku tinggal satu yang tersisa... hiks...pada kmana yah yg lainnya...

 
At 11.11.06, Anonymous Anonymous said...

penasaran deh limun jahe itu kaya apa rasanya ya

 
At 11.11.06, Anonymous Anonymous said...

Thanks Q, akhirnya terjawab. George itu laki apa perempuan.Gue cuma punya satu yang judulnya "MEMBURU KERETA API HANTU". Gue sebenernya lebih suka Trio Detektif.

 
At 12.11.06, Anonymous Anonymous said...

Limun Jahe itu Ginger Ale ya?

 
At 12.11.06, Anonymous Anonymous said...

gue lebih suka trio detektif daripada 5 sekawan soalnya di 5 sekawan udah ketahuan duluan penjahatnya jd unsur 'surprise'-nya gak ada. Tapi tetep aja, kalo gak ada trio detektif, 5 sekawan jg dibaca...ehehhhee.

 
At 12.11.06, Anonymous Anonymous said...

TRIO detektif dooongg...heuheuhe....eh, mereka masuk jaman 80an juga ga ya?

 
At 12.11.06, Anonymous Anonymous said...

Hahahaha.. asik baca komentarnya..

jadi inget jaman dulu.. limun jahe.. (kalo nggak salah pernah juga di tulis sebagai bir jahe).. dulu aku mikir ... wah org inggris demen bandrek juga ya .. (norak deh gw..wakakakak).. setelah di teliti.. ooo ginger ale toh.. hidup lima sekawan.. btw timmy minumnya apaan ya..

salam 80

 
At 12.11.06, Anonymous Anonymous said...

oya lima sekawan--- dulu kalao makan selalu mesti sambil baca buku ini. Menu standar harian yang tahu-tempe jadi serasa lebih enak sambil membayangkan isi SEPEN Joan di dapur keluarga Kirrin. Cie.. sepen...., itu kosa kata yg gue paling inget didapat dari buku itu. Hehehehe

 
At 13.11.06, Anonymous Anonymous said...

limun jahe yang suka disimpen di bawah pancuran air supaya terasa dingin...hmm kayaknya enak ya..atau rame-rame bepergian dengan sepeda mininya...lima sekawan emang top deh! tapi coba juga dong ulas tentang tintin, snowy dan kapten hadock itu.

 
At 13.11.06, Anonymous Anonymous said...

Umm, kalo Sepen itu apa? :D

 
At 13.11.06, Blogger siska said...

Dari semua buku Enid, gw paling suka Lima Sekawan. gw gak gitu 'doyan' ama karangannya yg lain.
Gak ada acara makan-makan sih .... hehehehe.
Gara2 Enid Blyton juga, temen gw dapa nama panggilan baru, yang sampe sekarang setelah lebih dari 10 tahun tetep kita pake buat manggil dia ... bahkan ada sebagian temen yg udah lupa sama nama aslinya.
Namanya Bets, diambil dari nama salah satu tokoh dari buku Enid, tapi gw gak inget yg mana Pasukan Mau Tahu atw Sapta Siaga.
Ada yg tau gak??
Soalnya gw belum pernah dan ogah baca buu Enid selain yg Lima Sekawan.

 
At 14.11.06, Anonymous Anonymous said...

Lima Sekawan..... Trio Detektif........
terus terang aja emang yang 2 itu bikin gue itu dulu ngerasa daya berpikir gue jadi lebih tactical.....
gue pengen anak-anak gue tuh juga sekarang bisa baca cerita mereka.
masih bisa di cari dimana ya ?
di Gramedia masih ada gak ya...???

dulu itu, pas beli.... cuma habis dalam 2 jam kali.....:))

sama juga Hardy Boys, Nancy Drew......

 
At 15.11.06, Anonymous Anonymous said...

Bets itu adiknya Fatty di Pasukan Mau Tau. Hmm.. indahnya suasana pedesaan di Inggris... (Biarpun belum pernah ke sono, tapi kayaknya kenal banget deh, gara-gara bukunya Enyd)

 
At 16.11.06, Blogger Ewi dan F3 (Fikri, Fira Faiz) said...

Hore-horeee 5 sekawan dibahas. Aku sering loh ceritain ke anak-anak sampai berbuih-buih eh anakku malah sukanya Dora Emon... koleksi ku masih tinggal 2(Memperjuangkan Harta Finiston & Kereta Api Hantu) sampai ku paksa-paksa suruh baca..(liat postinganku bln May ya he--he iklan..) Hidup 80 an

 
At 16.11.06, Anonymous Anonymous said...

"we are the famous five..Julian, Dick, Anne, George and Timmy The Doggggg..." tuh dia tuh cuplikan themes TV-nya Q, kok gak dibahaas....*TV themes freak mode on*. Gw paling inget tuh minuman yg selalu dibawa kalo padha piknik yaa..limun jahe !! *slurrppt*

 
At 17.11.06, Anonymous Anonymous said...

wow..bacaan saya ini. sampe sekarangpun sya tetep suka loh..nice post

 
At 17.11.06, Anonymous Anonymous said...

waduh.. jadi teringat masa lalu juga.. salut en thnx deh buat yang nulis..

oiya, mo nanya nih, ada yang tau ga ya, toko yang jualan buku2 Lima Sekawan atau Trio Detective bekas di daerah Tangerang??? ga tau nih, lagi nyidam baca buku2 lama kayaknya :)

-Lia-

 
At 18.11.06, Blogger ambaradventure said...

sampai sekarang pengen menelusuri tempat mereka euy. Pulau Kirin dimana ya?

 
At 20.11.06, Anonymous Anonymous said...

thanks udah bahas 5 sekawan... g jadi inget jaman muda dulu... wuee.. (emangnya skrg udah tua.. khekhekhe..)
pokoknya gue inget dulu pengen punya pacar kaya Dick...

 
At 21.11.06, Anonymous Anonymous said...

Bets itu adiknya Philips buakn Fatty. Fatty kagak punya adik tapi punya anjing yang namanya Buster.
Kembali ke 5 sekawan dulu aku punya banyak sayang pas pindahan rumah pada ilang..hiks..hiks

 
At 22.11.06, Anonymous Anonymous said...

sekoteng?
ah pantesnya sih es wedang jahe..he...he... (echo)

 
At 27.11.06, Anonymous Anonymous said...

"Sekawan", dalam "Lima Sekawan" bukan brarti "empat" dlm bahasa Jawa. Emang seh sekawan dlm bahasa Jawa itu artinya empat. Tapi "Kawanan" ato "Sekawanan" disini artinya "sekumpulan kawan" bukan empat. Gto...yg gw tau seh...

 
At 30.11.06, Anonymous Anonymous said...

sekarang harga buku 5 sekawan Rp. 15.000

Aku gak pernah baca 5 sekawan yg ditulis Clude. Gak asik .. gakseru. Cuma baca sekali yg judul pertama tp trus gak pengen lagi.

Sekarang lagi ngumpulin lagi tu buku 5 sekawan .. buat anak gue.
-itha-

 
At 8.12.06, Anonymous Anonymous said...

sepen itu apa ya?
sepen eit nain ten ilepen twelp?

 
At 14.12.06, Anonymous Anonymous said...

Ayo dong... abis lima sekawan apa lagi nih yang mau di ceritain??

Jangan buat kecewa penggemar dunk!

 
At 16.12.06, Anonymous Anonymous said...

:-)
masih ada beberapa bukunya di rumah, tentu saja dengan warnanya yang kusam

 
At 22.12.06, Anonymous Anonymous said...

Bahas EPPO dengan Roel Dijkstra nyaaaaaa.... Maaaa beli'in EPPO doooonkkkkk

 
At 26.12.06, Anonymous Anonymous said...

ya aku dulu juga baca lima sekawan (enid blyton).. seru2 ceritanya, menegangkan!!!
bagus blog ini untuk mengenang masa2 indah dulu!!!
btw
salam kenal mas :)

 
At 2.1.07, Anonymous Anonymous said...

wahh.. baru tau tentang blog i ni :)
keren.. :)

 
At 11.1.07, Anonymous Anonymous said...

Wah ternyata gua gak sendiri ;))
Gua pikir dulu sendiri yang mikir
a la bahasa Jawa : Lima Sekawan
Lima sahabat, ya cocoklah, gua anggap yang Sekawan (=empat bhs Jawa) itu manusia, yang satu lagi kan si Timmy,anjing, jadi kesimpulannya :
Lima Sekawan adalah
lima = empat manusia + satu anjing gituuuuuu
Garing euyyyyy ;))

 
At 15.1.07, Anonymous Anonymous said...

para sekawan, sepen itu kalo bahasa inggrisnya "pantry". semua makanan di lima sekawan itu enak. menurut gw yang paling enak waktu mereka ke daerah cornwall, nginepnya di rumah keluarga Penruthlan. Nyonya penruthlan itu jagoan masak banget, sementara tuan penruthlan orangnya tinggi besar, makannya banyak tapi kalo mo makan gigi palsunya dilepas. Bisa bayangin kan seberapa banyaknya doi makan kalo gigi palsunya gak dilepas. Kalo gak salah judul episodenya Dalam Lorong Pencoleng. (jadi lapar gw......)

-ichan "dick"-
I LOVE ANNE..........

 
At 16.1.07, Anonymous Anonymous said...

hiks jadi inget jaman dulu. lima sekawan. gue suka baca buku itu juga sapta siaga. sampe dulu pernah punya gank yang ngebangun trowongan hik hik ...

 
At 17.1.07, Anonymous Anonymous said...

gw bbrp bulan lalu beliin lima sekawan buat anak gw yang 9 tahun. ternyata dia lebih doyan nonton sinetron amit2 di tv. benar2 amit2 dah!

 
At 18.1.07, Anonymous Anonymous said...

Waaaaa...dulu gw punya smua bukunya, sekarang pada kemana ya? duh jadi kangen baca2 lagi! trio detektif juga favorit, satu lagi Si Badung di Malory Towers, duuuuuhhh kangen!

 
At 23.1.07, Anonymous Anonymous said...

wah...seru ya kalo inget jaman dulu. Semua cerita lima sekawan udah kubaca. ada lagi yang bagus..Trio Detektif, Sapta Siaga...
Sekarang anak2ku juga ku belikan Lima Sekawan, suka baca juga loh...mereka.

 
At 28.1.07, Blogger Caroline said...

hehehe komentar kalian kok banyak yg mirip ma yg gw pikirin klo inget LS ya ... suka bawa bekal/makanan enak, cuma ingatan gw gak sedetail 'sepen' or 'limun jahe' hehe .. trus gw juga suka en pengen punya cowok kek Dick :D wah byk juga ya ce yg ngefans ma Dick :P klo gak salah kebetulan di filmnya tampang Dick cutie gitu deee hihihi ampe gw dulu jatuh cinta ma cowok sekelas yg tampangnya mirip Dick (kelas 4 SD pas itu )wakakakaka. Gw plg suka klo Dick udah suka ngegodain en bertengkar mulu ma George :P trus gw plg suka jg ma episode Di pulau harta soalnya bekalnya banyaaaaaaaaaaak bgt, klo gak salah disimpen di ceruk gua gitu :D gw dulu punya kasetnya yg kereta api hantu, trus pny mainan LS yg suka gw mainin 'blasukan' di kebun belakang rumah pura2 jadi petualang beneran :D gw klo baca LS juga cepet bgt en gak bisa diganggu gugat, klo nyokap manggil2 jawabannya standar 'ntar' tapi ntarnya ampe abis dulu bacanya :P

 
At 29.1.07, Anonymous Anonymous said...

heheheheh...baru nemu blog ini ;)
sbenernya sy lebih suka/sering baca pasukan mau tahu...ngga tau kenapa...kayaknya terpikat sm keahlian si fatty yg jago nyamar ...

 
At 30.1.07, Anonymous Anonymous said...

baru gabung dengan blog ini..

Aku juga dulu suka baca itu..yg aku ingat waktu itu pertama kali tahu pas waktu liburan. Sehingga setiap pagi, aku ke pusat kota beli LS, dan main ke kantor bokap. Tapi sebelum masuk kantor aku cari mobilnya dulu, minta dibukain, baca dalam mobil sampai tuntas..baru muncul di depan bokap.

Setiap hari satu judul..tp sayang setelah tinggalkan rumah ortu, gak tahu bukunya diwariskan ke siapa. padahal aku tempatkan di satu rak tersendiri.

 
At 4.2.07, Blogger widya said...

asli deh gw ngakak banged baca postingan ini...kamsudnya inget jaman juadul bener2 juadul....asli gw jg penggemar LS nih...ngomong-2 elu yg nulis postingan ini gw kenal yah ? soalnya waktu jaman esde gw juga niru abis sama temen-2 sekelas gw sok jadi detektif gitu dan namanay ada dasa dasanya juga ...

 
At 12.2.07, Anonymous Anonymous said...

mo ikutan gabung neh...
kalo gw samaan sama Okky lebih suka baca Pasukan Mau Tahu karena lebih lucu terutama kalo dah ketemu Pak Goon n saat si Fatty lagi nyamar. seru....

 
At 22.3.07, Anonymous Anonymous said...

gw baru nemu blog eneeh...
gw bgt geto loch... emang dulu kalo abis baca LS pasti kebayangnya makanan, trus tidur di udara luar, ada sinar bulan..wuih kaya'nya enak bgt ga' dimarahin (padahal banyak nyamuk ;P)... pasti ce -ce pada naksir di dick..(gw jg).. kadang sampe malem waktunya tidur gw maksa ngabisin baca pake senter dibalik selimut (bodohnya :)))..
kira-kira ada yang bisa bahas kumkum ga? itu loh, kartun di TV...(koq aneh ya.. tp gw sukkkkkaaaaa....) thanks..
love the 80-s ;*

 
At 31.3.07, Anonymous Anonymous said...

waaa... gue dulu punya koleksi lengkap...sekarang nggak tau kemana.hiks..
dulu kalo beli LS baru yang ada pasti berantem sama emak soalnya sambil nyapu halaman sambil baca...hahahaha
eh..setuju tuh usulan kinoi diatas..bahas Kum-kum dong..si kartun mulut miring ituww..hahaha

 
At 12.4.07, Anonymous Anonymous said...

Those goood old days, jadi pengen kecil lagi :) Baca LS bikin laper jadi bacanya pasti sambil ngemil. Dulu juga sempet punya LS yang pake alat2 itu...gila g suka banget maennya ampe ngayal jadi kaya mereka. Hidup Petualangan!!!

 
At 12.4.07, Blogger aBuy182 said...

waduuuuuhhhh...gila 5 sekawan keangan ku waktu sd...tapi kalo gua pribadi sihh lebih suka sapta siaga...ga tauu kenapa dulu sempet sihh koleksi ( minta ma tante tepatnya) tapi ga tau kemana sekarang.....inget banget waktu kecil kalo bulan puasa kita suka bikin taman bacaan kecil2an....cukup dengan ngegelar tiker di garasi terus kumpulin deh buku2, komik, majalah dll..terus kalo yang mau baca di tempat bayar 25 kalo di bawa pulang sehari 100...khusus buku tebel kaya trio detektif, sapta siaga, 5 sekawan harga sewanya 250...hihihihihihihihihiihiihihihii miss my old neighbourhood

 
At 17.4.07, Anonymous Anonymous said...

diriku dapat warisan dari kakak yang seri ke-3 "Mnggat",isinya makan truss.....
trus gw bela2in nabung,buat beli tuh serial, eh beruntung taun 2004 kmaren ada diskon ,jd gw lengkapin koleksi.
ampe sekarang kurang 3 doank
kalo baca tuh serial,serasa ikut ke dalam petualangan 5 sekawan..
cari di loakan susahnya minta ampun..
pernah dapat sapta siaga 1 biji doank,1000 perak,hehehe(jadi inget ma password buat masuk pintu kalo mau meeting)
Kalo PMT sih suka banget ma Fatty,akalnya banyak banget ya..
download di youtube,cuma dapat 6 serial tv,waktu diputerin gw belum lahir sih...

 
At 27.4.07, Anonymous Anonymous said...

waaaah... jadi kangen ma masa2 dulu.. gw sempet koleksi tuh lima sekawan, pasukan mau tahu, sapta siaga, mallory towers, st. claire, si badung, trus ada juga 4 serangkai gitu (gw lupa judulnya).. alah, nostalgila jadinya..

tp sadar gak sadar, kita tuh yg ngerasain zaman2 demen novel enid, pasti pada terpengaruh.. misalnya temen2 gw ada yg ngebentuk kelompok detektif.. meskipun gak ada misteri yg bisa dipecahin (ada2 aja :))

trus gw juga sempet ngekhayal sekolah di sekolah asrama kayak mallory towers, st. claire dan si badung.. kayaknya seru banget..

trus mungkin di luar sana ada juga yg terinspirasi buat ngerjain guru2..

mmm...jadi terkenang-kenang..

 
At 28.5.07, Anonymous Anonymous said...

ya ampun ini bacaan yang gw suka banget dr gw SD ampe skrg udah 26 taon gini, dulu pas SD ato Smp gitu udab baca semua, tapi skrg mulai ngumpulin lagi,beli lagi soalnya dulu cuma pinjem di taman bacaan deket rumah ... heheheh, asli seru, asli, bikin imajinatif

 
At 31.5.07, Blogger eR-na said...

iye, emang bener. jadi terpengaruh. gara-gara baca Pasukan Mau Tahu, langsung deh keranjingan baca serial detective lainnya. Lima Sekawan (tapi cuma beberapa aja, entah kenapa lebih suka ama Pasukan Mau Tahu, Trio Detective, truss... agak gedean dikit baca Hercule Poirot. dan sekarang lagi nunggu Conan 48. hehe...

 
At 2.6.07, Anonymous Anonymous said...

mao nanya dungs..
oiya sblmnya lam kenal yup!

emang bener pemain george si michelle gallagher tuh udah meninggal ya?
klo iya ada yg tau kenapa? apa bener si michelle dpt kecelakaan trus jadi cacat stgh badan en pny bad life style???????????

klo jwbnnya IYA, commentnya : Ya Ampuun kesian bener! R.I.P!
tapi klo GAK, commentnya: syukur deh..

mohon jawabannya!
tengkyu!

 
At 25.6.07, Anonymous Anonymous said...

Hi, All...gw baru nemu blog ini..asyik jg buat ngenang jaman masih kanak2.
inget banget, LS tuh bacaan novel / buku crita pertama (yg non majalah spt bobo, donald) yg gw baca. jmn itu gw masih 2 SD, baru dateng ke jkt. maklum sblmnya dari daerah nga kenal tuh buku crita.
pertama kali minjem dari teman kakak gw. trus gw ama kakak gw sama2 kepincut seri LS. belai2n nyari ke toko buku deket rmh, tp nga ada yg jual, katanya kudu ke tukang loak deket pasar. bela2in juga nyari, tp nga dapet. akhirnya bermodal minjem. baru brapa taon kmdn diterbitin lagi, barulah gw ama kakak gw beli dan ngoleksi. tp skrg koleksian gw ntah kemana hiks...

Habis itu demen jg sama Malory Tower. ngumpulin jg tuh. klo baca yg sekolah asrama gitu menarik banget.
baca trio detektif & pasukan mau tahu. tp emang lbh senang karangan enid blyton. :)

 
At 27.6.07, Anonymous Anonymous said...

aaahh...5 sekawan...ada fotonya pulaaa!!! gue dulu naksir berat sama tokoh Dick..heheheh dulu gue punya foto-fotonya hadiah dari majalah Bobo tapi terus hilang nggak tau kemana...

 
At 24.7.07, Blogger Arri said...

Lima Sekawan?
Sepen?
Wah, jadi inget!
Dulu kakak sih yang kebanyakan punya, karena kita bertiga, jadi dibagi-bagi, masing-masing punya, tapi dipajangnya di satu tempat, jadinya 21 koleksi itu lengkap.

Jadi inget Sapta Siaga, sampai dihukum ama ortu gara-gara pas liburan ke Jawa, duit dibeliin buat beli 15 seri-nya. Novelnya disita, baru dikasih seminggu sekali selama 15 minggu, jadinya bacanya diirit-irit...

Pasukan Mau Tahu seru, tapi Kakak yang ngoleksi.

Petualangan aku yang koleksi, sayangnya, cuma sampai 6 jilid, abis itu susah banget nyarinya. Secara buku itu tebel banget setiap jilidnya. Tapi sedih juga, kok empat anak itu selalu ketiban sial ya? Petualangannya serem-serem?

Enid rules.. still be my favourite!

 
At 4.8.07, Anonymous Anonymous said...

Ini seri emang tob!

Gue waktu kecil baca ginian jadi ngiler banget pengen liburan kayak mereka.

Sampai2 gue berusaha me-reproduksi makanan2nya, dari nama dan deskripsi bahasa Indonesia yang gak jelas akurat apa nggak. Sampai makan toast sama telor rebus, cari2 limun jahe (yang ternyata ginger ale, tapi gue waktu itu gak ngeh kalo itu sama dan sebanding). Sama minta nyokap dibeliin kue tarcis. Nyokap gue gak ngerti itu apa, dia bilang kali sama aja kayak kue taart. Gue ngotot itu beda, ini tarcis kok. Dipikir2 najis juga yang terjemahin, pake kata2 aneh yg jarang didenger orang.

Terus nanya2 bonyok apa rumah gue ada lorong rahasianya apa nggak. Ngayal banget!

Belum lagi yg gue minta2 liburan naik karavan ditarik kuda. Di Jakarta mana adaaaa???

Yang ngeselin kakak gue gak mau share bukunya sama gue, krn dia takut rusak. Pelit banget! Gue sampai mesti nabung biar bisa beli ndiri.

Yang gue inget film tv-nya mengecewakan banget, gak sebanding sama bukunya.

 
At 10.8.07, Anonymous Anonymous said...

Dulu sempet bingung yg jd George itu cewek apa cowok ya?? Abis namanya George.

 
At 23.8.07, Anonymous Anonymous said...

tiap kali baca pasti ngebayangin udara pedesaan Inggris yg sejuk n seger..gak ada sms, ponsel, n hal2 riber laennya. yang ad cuman petualangan!!!

 
At 6.9.07, Anonymous Anonymous said...

Hanya George yang tahu letak karang di bawah air yang bisa bikin perahu karam kalo mnuju pulau Kirrin, heran ya, udah berkali-kali Julian & Dick ndayung perahu kesana bolak balik kok gak apal juga hekeke... malah ada satu tokoh jahat yang nyulik anak orang diumpetin di pulau itu yang tahu dan apal letak karangnya .. eh itu yang judulnya apa ya ? lali... satu keluarga gitu jahat semua, yang gw inget anaknya namanya Edgar, yang diculik namanya lupa, anaknya pak Armstrong... yang jelas serial ini bermangpaat banget, dulu dipake nyokap buat gw latihan baca lebih cepet hekeke, dah gitu dijatah satu bulan satu buku, jadi tiap bulan mesti milih2 beli yang mana, LS, SS , apa Tintin...sampe akhirnya berinisiatip sendiri jual buku bekas ke tukang loak biar bisa beli buku sendiri... eh diitung2 buku2 serial gini kok pada berakhir di judul ke 21 ya ?

 
At 19.9.07, Anonymous Anonymous said...

selain serial "imung" di majalah hai, di-80-an yg gw inget adalah buku-bukunya pramoedya ananta toer. sempet beli "bumi manusia", "anak semua bangsa", dan "jejak langkah" sebelum dilarang beredar. buku-bukunya pram ini berhasil memuluskan jalan untuk pedekate ke satu cewek yg udah lama gw incer.... sayang buku2nya sekarang udah ntah kemana. cewek itu juga ntah dimana...:)

 
At 20.9.07, Anonymous Anonymous said...

Duh...senengnya nemu blog ini. jadi ingat masa2 bahagia jaman SD. naik sepeda, pura2 jadi 5 sekawan.
misteri yang dulu pernah kami coba pecahkan adalah pak guru (yg duda) dan bu guru (yg janda) terlihat boncengan. trus pelatih pramuka yg kita lihat berjalan dengan cowoknya. he he he konyol banget, lagaknya jadi detektip, tp detektip gosip.

tapi dr kisah2 5 sekawan yg paling berkesan memang makanannya, tentu saja dg limun jahenya.

menurutku anak2 (jaman itu) yg baca 5 sekawan, pasti juga baca Pasukan Mau Tau, Sapta Siaga, Trio Detektif. Kayaknya ada juga Hardy Boys (bener nggak sih nulisnya?).

Sayangnya dulu aku terlalu miskin, jadi semua buku itu aku baca dr perpustakaan. Sekarang tentu saja nggak punya sisanya.

 
At 22.9.07, Anonymous Anonymous said...

lima sekawan buatku sebuah kenangan masa kecil yang terindah. "Lima Sekawan" membius masa kecilku dengan imajinasi petualangan yang sensasional. Pertama kali baca lima sekawan, aku kelas lima SD, tahun 1985. Aku girang banget ketika TVRI muterin FS "the Famous Five", waktu itu TV kami masih hitam putih, aku belai2in numpang rumah tetangga yang punya TV berwarna. Aku gak pernah beli bukunya, selalu minjem ama temen atau sewa ke TOKO buku dan komik yang ada dekat rumah karena nyokap ku gak beliin aku buku kecuali buku pelajaran. Kalo aku kangen sama masa kecilku, aku baca lagi novel lima sekawan yang sempat aku beli beberap buah di pasar loak di Jakarta. kalo ada temen2 yang mau pinjemin buku lima sekawan yang asli, I'd be very happy...

HARIS
TV Journalist, TVRI

 
At 24.10.07, Anonymous Anonymous said...

Dlu waktu W masih sd, W pernah baca buku judulna Rahasia Hutan Terlarang di perpustakaan skul,, tapi lom slesai baca W keburu tamat,,, ampe Sekarang W cari2 bukuna lom dapet juga tapi W lupa pengarang na coz udh lama banget,, da yang bisa bantu nyariin info tentang buku itu ga..?? kira2 dimana ya W bisa dapetin???

 
At 30.10.07, Anonymous Anonymous said...

kalo fave-ku sih tetep Trio Detektif, soalnya alur ceritanya lebih logis. bahkan sampe sempet nyama2in diri ama Jupiter Jones - ponakannya Titus Andronicus Jones - hanya karena sama2 demen mikir & sama2 rada ndut *malu...*

tapi kalo dari semua serial Enid, yang paling asik bagiku kayaknya yang seri Petualangan deh, yang ada Philip, Jack, Dinah, Anne (kalo gak salah) sama burung kakatua Kiki. biarpun masing2 buku udah kebaca lebih dari sepuluh kali, rasanya masih belum bosen. emang luar biasa tuh Enid Blyton. jempol buat Nenek Enid!!! ^_^

 
At 25.11.07, Anonymous Anonymous said...

wuih... aku baru aja nemu blog ini. Seru.. LIma Sekawan ? top bgt deh. hihih ternyata banyak juga yang kecanduan sama Dick ya.. aku juga deh.. habisnya tampangnya paling imut gitu dan mukanya kan agak tengil2 heheh... tp karena aku dulu tomboi habis, aku kadang mengkhayal jadi George gitu, kayaknya asiiikkk.. banget ya... kadang habis pulang ngaji, sama temen2 suka main detektif2 an, yang jelas,, pasti aku jadi George nya. Eh.. aku dulu sukaaa banget sama satu kartun di hai Coki si Pelukis cepat dan Trigan. apa ada yang ingat Deni si manusia Ikan ? Terus and itu loh, buku komik jaman dulu Album Cerita Ternama, yang warna komiknya cuma item, putih sama orange heheh ceritanya macem Winnetou dan Old Shatterhand, Buffalo Bill.... ayo ayo.. bahas juga doong !!

 
At 26.11.07, Anonymous Anonymous said...

Aduh, aku penggemar berat lho ama Lima Sekawan. Sampe2 dulu krm surat segala ke Southampton. Yaa dgn bhs Engels yg terbatas bgt tentunya. Ternyata eh ternyata di bales low. Trs aku 'file' dialbum kenangan. Tp kayanya tuh album udh mletot ama bocor deh. Wah serasa muda lagi euy!

Yante

 
At 3.12.07, Blogger wi3nd said...

hwaaa..9w tucH salah satu penggemaR beRat seRiaL Lima Sekawan,peRtama KaLee baCa pinjem daRi temeN..
semPeT berimaJinasi Pen punYa mobil CAR4VAN sepeRti mreKa..(sampe SkR9 )HEHEH..
yan9 palin9 diin9et tucH kapur yang buat nandai tempat2 yang mreka kunjungi biar nda Lupa dan sempet ikutan..( walah..se9ituna)

_Trio ditektif juga ngikutin
ada lagi tuch hardy Boys..( tau nda yaa..)


sekarang pada kemana ya..???susah banget nemuin buku2 itu musti nyari di kwitang heheh..

 
At 3.12.07, Anonymous Anonymous said...

wow, seneng banget bisa nemuin blog ini. Aku rindu banget sma masa masa super indah di 80-an. Blum lama sih, aku dapet infonya dari Kompas edisi Minggu. 5 Sekawan? Itu salah satu bacaan favorit aku. Rasanya aku dah baca semua serialnya termasuk uang edisi komiknya.Trio Detektif juga aku suka banget. Bahkan waktu SMP dulu aku bersama 2 sahabat bikin kartu nama seperti kartunya Trio Detektif. Emang gak ada sih orderan petualangan yang mesti diselesaikan tapi itu hanya untuk lebih mempererat persahabatan kita. Wah seru banget. Aku uga jadi ingat bacaan lain yang jadi favorit seperti Album Cerita Ternama, Safan, komik Tintin,Fantasic Four,Nina (khusus Nina aku gak pernah nemuin komik ini, bagi yang masih punya boleh dong pinjem solanya, aduh, aku dah rindu banget sama komik ini). Karl may

 
At 4.12.07, Anonymous Anonymous said...

Haduh... Lima Sekawan.. Film favorit jaman SD dulu... Rela ninggalin apa aja demi nonton di TVRI (kenapa yah TV skrg gk ada yg mo muter!!!)

Dulu ampe apal diluar kepala lagunya n nama2 pemainnya (Jennifer Thanisch - Anne, Michelle Gallagher - Georgina, Gary Russell - Dick, Marcus Harris - Julian).. Apalagi yg jadi Dick itu makkk guantengnya.. hehehe..
I wonder where they are now...

Temans, kalo ada yg punya copy filmnya (video/CD/DVD) tolong kontak2 aku ya...

 
At 8.12.07, Anonymous Anonymous said...

Saya juga big fans nya Lima Sekawan dulu. Sekarang saya ceritain ke anak saya yg umur 7. Dia jadi penasaran pengen liat buku nya.

Saya juga dulu hobby banget baca seri nya "Cari Sendiri Petualanganmu". Ada yang pernah baa ga? Itu lho, setiap beberapa halaman kita dihadapakan pada pilihan. kalau kita pilih A, go to page X. Kalo kita pilih B, go to page Y.

 
At 27.12.07, Blogger didonchan said...

Pertama baca ttg blog ini di KOMPAS Minggu (lupa tanggalnya...). Pengen banget ikutan ngeramein...:)
Demi mengenang masa lalu (cieee).

Saya jd inget, dulu uang jajan ditabung buat beli buku cerita. Di kampung saya waktu itu cuma ada 1 toko buku. Toko itulah yg jadi favorit kami kakak-beradik tiap minggu. Rasanya waktu itu tiap minggu harus ke sana. Yang utama: beli buku cerita Enid Blyton terbaru. Terkadang kami dapet koleksi hasil perburuan ortu kalo ke Jakarta....

Aiiiih senengnya ngebayangin waktu itu... heheh


Tapi sayang, buku koleksi kami sebagian kena banjir... Trus entah setan apa yg merasuki saya, pas udah SMA saya dengan baik hatinya memberikan koleksi2 kami ke adik sepupu yang kemudian memboyongnya ke Kalimantan. Jeduk!!! OMG!!! Sekarang baru menyesal... hahah

 
At 3.1.08, Anonymous Anonymous said...

Juara dunia.....Lima Sekawan, Trio Detektif, STOP, Sapta Siaga...buku..2...yang gak akan ada matinya...dibaca beribu2 kali...hihihihihihihi...seneng banget diulas..tentang itu...

 
At 31.1.08, Anonymous Anonymous said...

ikutan ya walo telat
kirain tuh dulu sandwich itu gimanaa.. gitu, eh gak taunya roti kikasi meses namanya juga sandwich. Kirain kayak yang dibuku nenek enid aja

 
At 4.2.08, Anonymous Anonymous said...

Lima sekawan? hahahah jadi inget dulu suka nyewa di taman bacaan. Ato kalo tiap hari minggu dengerin di radio secara bersambung, si pembawa acaranya bacain novel lima sekawan n diudarain ke sluruh Bandung lewat gelombang AM. Hahahaha bener2 jaman katro tapi asoy :)

 
At 7.3.08, Blogger phync said...

Tengkyu buat Q yang dah membuat umur jadi lebih muda 20 tahun (gw jadi merasa kembali ke kelas 4 SD, jd anak2 lagi) "Selalu ada sisi anak2 dlm diri kita" (kayaknya ada iklan yang bunyinya gitu..)

Tapi ada juga yang bikin gw melongo. Kalo dulu gw jeles bgt ma Jo yang naksir Dick, ternyata banyak jg yang ngefans ma cinta pertama gw ini (Hiks..) Abis, tiap baca lima sekawan, dunia serasa milik berenam, yang lain pada dengerin saur sepuh di radio.

Oh ya, kalo sekarang Dick dah dewasa, kira2 dia mirip Filippo Inzaghi g ya? Gw naksir bgt ma striker AC Milan ini.

 
At 17.3.08, Anonymous Anonymous said...

Wah surprise Lima Sekawan (juga Tri Detektif, Sapta Siaga n Pasukan Mau Tahu)dibahas lagi..dan saat ini pula aku ubek-ubek kumpulan buku lama... wuih untung ketemu.. walau dah bau apek. Aku setuju dengan "upacara minum dan makan" yang selalu bikin perut lapar. Sayang keponakanku "belum" tertarik... siapa yha yang akan kuwarisi kumpulan buku apik ini nanti?

 
At 17.3.08, Anonymous Anonymous said...

hehehe...dulu aku waktu smp juga sering baca 5 sekawan......memang 5 sekawan itu bacaan era 80-an???? aku kelahiran 83 tapi waktu smp sukanya baca 5 sekawan juga ko

 
At 18.3.08, Anonymous Anonymous said...

gebleknya, dulu tuh, aku kalo baca george bukan "jorjh" tapi "g-e-o-r-g-e". lugu amat, hehe...

 
At 23.3.08, Anonymous Anonymous said...

The Famous Five is sure the best. My mum also likes to read it, though it's a bit childish... (and perhaps nostalgia). If they were real... i would certainly be in love with Julian. Muahahahaha... He's really amazing, (in my mind) handsome, wise, and everything that women want from a guy. Really. I'm not joking.
And Timmy... I think he (or it) is a clever dog and he (or it) only belongs to George. But, you know George, if you have (maybe kinda) not interested with Timmy anymore... I'd like to have him (or it)!

 
At 9.4.08, Anonymous Anonymous said...

Waah senengnya lihat Lima Sekawan akhirnya dibahas juga! Buat saya 80an dan Lima Sekawan bagai prangko dan surat (dulu kan belum ada email jadi pasti prangko dan surat dong!). Itu bacaan wajib, cinta bener! Sampai punya koleksi semua judul LS plus Malory Towers, Pasukan Mau Tahu, Sapta Siaga, Trio Detektif.
Sampai sekarang kalo lagi jalan ke Gramedia selalu pasti nyempetin cari LS dan beli pula! Soalnya buku2 LS ditinggal di rumah ortu semua dan sekarang kalo beli sekedar bernostalgia sambil mengenang masa SD dan SMP dulu.
Bravo buat yang punya ide brilian ngebahas Lima Sekawan! You're the best deh! Thanks.

 
At 9.4.08, Anonymous Anonymous said...

Wuiiih Lima Sekawan itu artinya Limun Jahe Dingin, Roti Isi, Kue Coklat, Es Krim, Puding, Sosis Goreng, Kue Buah, berperahu ke Pulau Kirrin.... aduh gue kangen banget masa2 itu. Kalo pas lagi baca Lima Sekawan pasti gue juga makan untuk ngimbangi gitu supaya nggak ngiler. Jadinya Lima Sekawan teman lunch setia gue tuh! Tapi gue setuju tuh sama yang heran kok Lima Sekawan gak pernah punya masalah sama pips dan pups ya dan kok gak tua-tua ya. Anywaya congratulations buat yang pernah ngirim surat ke Southampton dan dibales. Gue juga pernah ngirim tapi sampe hari ini (23 tahun kemudian) gue gak pernah terima balesannya, padahal udah pake bahasa Inggris dibantu ama nyokap gue! Btw, gue tetep cinta Lima Sekawan dan gue masih tetep baca kok, tadi malem gue masih sempet baca Dalam Loreng Pencoleng tapi karena ngantuk baru sampe di bagian Julian dan Dick keluar rumah malem2 pengen nyari tahu ada cahaya suar gak di malam berbadai dan ketemu sama artis2 The Barneys. Hehehe... kalo udah ngomong gini gak ada yang percaya kalo gue udah hampir 40 umurnya.
Salam buat semua Famous Five Lovers!

 
At 5.5.08, Anonymous Anonymous said...

emang adegan paling memorable itu adegannya si limun jahe... dan adegan makan memakan lainnya...
mwahahaha...

ah, rindunya...
bacaan masa SD...

emang ini taun 80an ya...?
aku lahir 89... dan berarti wkt SD, taun 90an...
hidup enid blyton!

mulai dr LS, st. clare's, malory towers, pasukan mau tahu, ampe sapta siaga...
ga lupa buku2 kecil karangan enid blyton...

pulang ke indo, baca ulang semua buku nih...

mwahahahaha...

-bri-

 
At 6.5.08, Anonymous Anonymous said...

o, btw... maksudnya kue tarcis itu taart kecil...
mungkin penerjemahnya nerjemahin dr kamus indonesia jaman 45, soalnya itu kedengeran kayak bahasa belanda: taartjes [taart kecil...]

sama aja kayak kita sebut karcis, aslinya kaartjes [kartu kecil ato yah, karcis...]

 
At 25.5.08, Anonymous Anonymous said...

yang mau DVDnya lima sekawan 2 film info gua deh hehhe ato lihat lihat di sini :)

http://kotarominami.multiply.com/photos/album/10/US_TV_SERIES_DVD_?

hehhee

 
At 6.6.08, Anonymous Anonymous said...

Salut buat Mas Q yang buka blog-an and membawakan kembali kenangan indah zaman SD di awal 80an lalu. Adudududududuuuuuuhhhhhh.... aku sendiri tergilagila sama Lima Sekawan terutama. Tapi agak berbeda dengan para fans wanita yang cinta Dick, aku lebih bersimpati terhadap George yang kelihatannya selalu tertindas batinnya - dengan dorongan internal untuk membuktikan dirinya sebaik anak laki2 manapun, biarpun dia adalah anak perempuan yang lahir di tahun 1940an, dimana peranan anak wanita memang terbatas. Dan dibanding2kan dengan Anne terus2an, aku pribadi ngerasa sedih ngebayangin perasaan George.

Hehehehee.... tapi menurut buku2nya terutama yang pertama2 (Di Pulau Harta, Beraksi Kembali, Minggat), George itu yang paling jago berenang, menyelam dan manjat tali seperti monyet kan??? Bahkan Julian harus mengakui dia kalah sama George dalam hal2 itu!

Dan seperti yang dibilang para blogger sebelumnya, kok Julian dan Dick sudah dibawa ke Pulau Kirrin berapa puluh kali masih nggak hafal2 jalannya melalui karang2 yang biasanya bikin kapal karam ya? Menurut ceritanya sih George itu cuma satu2nya yang tahu persis jalan navigasinya di sekitar Pulau Kirrin.


Aaaaahhhh.... nostalgia!!! Ayo dong, tambah lagi bloggannya, Mas Q! Biar aku nggak terlalu ngerasa hampir 40 nih! HIDUP LIMA SEKAWAN!!!

 
At 16.6.08, Anonymous Anonymous said...

waaah snangnya bisa nemuin blogger yg sm2 fans 5 sekawan, btw bnr ya tnyata pnh di-film-in? duuuh ada gak ya yg punya? mau dunk, kontak gw di yukeyfrik_me @yahoo.com.....

 
At 17.7.08, Anonymous Anonymous said...

Surprise dah, baru baca n langsung inget serunya buku ini. kalo ada yang punya koleksinya mau juga lho.

 
At 17.7.08, Anonymous Anonymous said...

Pl let me know if you have the collections of famous five at uta_sby@yahoo.co.id
Thx.

 
At 8.8.08, Anonymous Anonymous said...

Kangen nonton lima sekawan?
kalau kebetulan bisa mampir di youtube banyak tuh...cari yang seri 1979, soalnya yang serial tahun 80-an kurang seru

 
At 1.9.08, Anonymous Anonymous said...

Wah sukur gue rajin nyimpen bukunya, sampe sekarang umur udah 43 taon (tuir ya), masih utuh. Cuma sayangnya anak-anak sekarang (contohnya anak-anak gue) kok nggak gitu tertarik ya, kalo gue ajak ke gramedia, udah sengaja digiring ke rak lima sekawan sambil dikomporin gimana serunya lima sekawan, beloknya tetep ke doraemon. Sebel.

 
At 24.9.08, Anonymous Anonymous said...

Kok nggak ada yang bahas temennya limun jahe ya? Yak, benar ! DAGING ASAP!! Selalu ada kapan dan dimana saja.

Secara waktu di Amrik baru gua tau kalo limun jahe = ginger ale dan daging asap = smoked beef! Jadinya buru-buru nyobain buat melampiaskan dendam masa kecil. Abisnya nggak kebayang sih...*malu-malu*

 
At 24.9.08, Anonymous Anonymous said...

Di Sumatera ada rokok yang mereknya LIMA JAHANAM !

 
At 27.10.08, Anonymous Anonymous said...

Asiiikk bangeeeeeeeeeett ada yg ngebahas Lima Sekawan!

Agak OOT dikit nih, mo nanya masih ada yg inget ga buku karangan Enid Blyton juga yg ada tokoh namanya Barney dg monyet nya miranda. Itu Seri apa ya? Noddy bukan??

Thanx banget buat yg punya blog!

 
At 5.3.09, Anonymous Anonymous said...

Tks bwt yg udah bkin ni blog. :)

yg kaih comment kykx dah pengalaman bgt ya ttg lima sekawan? q ja bru baca novelx.. :P
Enid Blyton emang ada2 ja idenya. Q slalu baca novel LIMA SEKAWAN hbis pulang skul. mengurangi stress gtu... Asyik, seru, menegangkan, n pengen baca trusss,,

 
At 27.8.09, Anonymous Anonymous said...

Seri lima sekawan yang paling favorit berkelana...kayaknya enak sekali membayangkan hidup diatas caravan....menyelusuri jalan pedesaan inggris....
pokoknya hidup lima sekawan....menyelusuri lorong-lorong rahasia...berkemah, menyiapkan perbekalan, dan tentu saja makan........
Enid blyton emang jago mengajak pembacanya berilustrasi dengan tulisan tangannya....ingat di seri Bertualang ke Bukit Billycock...dimana enid blyton memaparkan pemandangan sore hari dari bukit dengan indah sekali....
Sekarang ngumpulin lagi baru dapat 15 buku dari no.1-no.15, tapi edisi cetak yang baru...pengen nyari yang edisi lama tp susah nyarinya di balikpapan.....yang 15 buku itu aja dapetnya di jogja nitip ama teman yg lagi cuti......
ada yang ingat petualangan si Jennings ngak...kisah kehidupan di sekolah asrama..lucu gw jg suka ini....

Thanks for the Memory

DANISH

 
At 12.9.09, Anonymous Anonymous said...

saya baru2 ini seneng sama lima sekawan, coz tadinya gak punya komik. sekarang aja tahu ada komik dr internet, saya download. Lima sekawan ceritanya kayak bener2 membawa kita masuk kedalamnya.
Kalau ada yang punya FILMnya, tolong dishare dunks, apalagi kalau ada yg mau nge-RIP.
Upload kalau bisa di server lokal aja, biar mudah downloadnya. Kalau ada yang bersedia, tentu saya sangat berterima kasih.
Mohon kirimin LINK server downloadnya via:
boyz_blue86@yahoo.com

Terima kasih banyak :)

 
At 30.10.09, Anonymous Anonymous said...

nice article...

Bali Page - Island of Bali
Indonesia Page - All About Indonesia

 
At 11.12.09, Anonymous Astaga.com Lifestyle on the Net said...

Komik 2000 an wah murah banget dulunya...komik lima sekawan masih di jual ngga ya?
Astaga.com Lifestyle on the Net

 
At 30.5.10, Anonymous Anonymous said...

ak punya novel ny lengkap ..
mahal banget sekarang .. 20 rbuan ..
ya ampunn keren banget dah pokokny ..

 
At 22.7.10, Anonymous ihwan said...

saya juga suka novel Lima Sekawan ini, ceritanya emang seru banget. btw aku ijin copas gambar bukunya ya untuk di blog.

 
At 24.11.10, Blogger Roeli said...

i love famous five .... very much. koleksi saya lengkap, ada beberapa yang jadul ilang, tapi saya berusaha beli lagi edisi terbaru nya di gramed .... meskipun sudah 40an, masih sukaaa aja baca nya, termasuk, sapta siaga, pasukan mau tau .... bisa diwarikan ke anak2 ...

 
At 19.12.10, Anonymous Anonymous said...

11 seri lagi komplit!duuh..ngefns bgt ma LS nih!tpi skrg mahal bgt!25000 atu.....hiks..rese ya

 
At 11.10.11, Blogger Treasure Maya said...

wahh itu famous five yang di gambar, saya punya semua tuhhh ... cumam kurang atu ,, yang judul terakhir sirkus misterius klo gak salah ya ... hik hik ... memang benar dulu harganya 2000an kurang bandingkan dengan sekarang 20.000an !! Tintin saja dulu pernah 1600an, sekarang 40.000an .... hahahahaha ...

 
At 12.5.12, Anonymous Anonymous said...

Aku ini br 10 th! tapi koleksiku udah banyak,dah 10 buah! aku sering bawa LS kesekolah banyak temanku yg mau pinjam. aku mengidolakan Julian dan george. aq membaca LS dimana2, ketika bepergian naik mobil, mau pergi sekolah, bahkan waktu ulangan semester!ampe kena marah mama deh gara2 itu. aku slalu minta LS ama mama kalo mama keluar kota,tapi sdh ad ditoko buku aku jadi jarang beli d luar kota. sayangnya kebanyakan di pinjam om q!hiks......

 
At 31.5.12, Anonymous Rama said...

lengkap! dari umur 10 thn q koleksi bru pas umur 12 thn lengkap... soalnya LS mahal.. 25000 tp sm ortu dikasi beli 2..... cuma lm ngumpul krn kmrin pas un gak boleh beli...


yeah! its complete!!!

 
At 1.6.12, Anonymous patricia said...

Dan sampai detik ini, sudah kepala 3 dan tamat baca semua seri lima sekawan, aku masih gak tahu gimana rasanya limun jahe, ada yg sudah pernah ngerasain?? Btw, dulu aku sempat ngebayangin Julian jadi pacarku, he he he

 
At 22.7.12, Anonymous Anonymous said...

ngga tau ya kenapa dulu aku naksir sama si george. Michelle Gallagher , pemeran george memang sudah meninggal di tahun 2000 karena bunuh diri. mungkin frustasi dg keadaannya yg lumpuh sebelah setelah kecelakaan.

 
At 20.8.12, Blogger cale said...

george (michelle galagarn) mati bunuh diri.

 
At 14.4.13, Blogger zonadjadoels said...

Hi,,salam kenal semua,,bila ingin bernostalgia dengan bacaan djadoel seperti majalah bobo edisi lama (tahun 70-90an) mampir di blog saya:
http://zonadjadoel.blogspot.com,,
trims.

 
At 6.2.14, Anonymous erry nugroho said...

Lima Sekawan..
sampe ane udah mau kepala 4 gini,masih suka bacanya,,,bolak balik..sekarang hunting terus buku2 seri jadulnya..termasuk yang edisi prancis, semi komik itu..
betul kata kawan2 diatas, semenjak pertama kali baca pas SMP di Tanjung Tabalong Kalsel tahun 1988-an dikasih pinjem sama si doi, ketagihan terus sampe sekarang...
....kenangan indah dengan Lima Sekawan, Sapta Siaga, PAsukan Mau Tahu, Mallory Towers, Lupus,..... sekarang udah ndak ada yang sekelas sama novel2 begitu kan?..
- love 80's-\
-erry-

 
At 17.11.14, Anonymous Redda Hasan said...

kalo kamu menyinggung Deni Manusia Ikan, kalo gak salah ini cerita bergambar di Bobo kan ya. ini zaman aku masih SD. Nah mustinya usiamu udah kepala 4 dong?

 
At 6.1.15, Anonymous ajiewp said...

oow.....teringat masa SD dulu kalao baca buku ini !!

 
At 22.2.16, Blogger Unknown said...

Tapi gak ada subtitle indonesianya yaa hehe =_=

 
At 8.4.16, Blogger Unknown said...

The article you have shared here very awesome. I really like and appreciated your work. I read deeply your article, the points you have mentioned in this article are useful
fireboy and watergirl | super smash flash 2 , fireboy watergirl | ssf2 , minecraft , minecraft 2 , minecraft 2 download , minecraft 2 baixar

 
At 18.5.16, Blogger Radial Stone said...

Lima Sekawan...? Pertama kali gue suka baca sampai dibilang kutu buku ya gara-gara kenal Lima Sekawan ini. Awalnya bokap sering bawain buku-buku LS, juga karya Enid Blyton yang lain waktu gue kelas 6 SD. Setelah khatam ke-21 serinya gue coba baca yang versi pengarang Perancis yang setengah komik itu, tapi feel-nya gak dapet gitu. Kesan narasinya terburu-buru, gak mengalir seperti versi aslinya. Yang gue heran tentang novel LS, kok gak punya televisi di Pondok Kirrin yah? Mustahil yah keluarga Kirrin gak mampu beli... Well gue jadi mikirnya itu udah aturan keluarga besar Kirrin. Oh iya, yang gue sebel dan rada gak nyambung novel LS yang judulnya Di Pulau Seram (gue dulu pikirnya pulau Seram di Maluku hehe...). Kesannya kok di seri ke-20 yakni termasuk seri-seri terakhir LS narasinya kok personil LS jadi kayak anak kecil lagi, beda banget sama seri-seri pertengahan LS seperti Jo Anak Gelandangan atau Menyamarkan Teman, dll di mana kesan karakter LS bertambah dewasa. Yah, mungkin yang gue baca versi Indonesia-nya, ya?

 
At 18.9.16, Blogger Unknown said...

pengen beli lagi buku LS dimana yaa.. msh ada yg jual gk kira2...

 
At 19.10.18, Blogger BELAJAR BAHASA said...

cerita 5 sekawan dalam bentuk novel dan serial tv

 
At 3.6.20, Blogger VanillaSlythrin said...

Bets Pasukan Mau Tahu mbak

 
At 3.6.20, Blogger VanillaSlythrin said...

Itu judulnya minggat mbak

 
At 1.1.22, Blogger Dee's Corner said...

Lima sekawan, komplotan, pasukan mau tahu, seri petualangan jadi bagian memory masa kecilku. Dulu koleksi pertama dibelikan ortu, pas jaman kuliah koleksi beli sendiri. Tapi pada hilang waktu pindah bekerja di kota lain. Sekarang ngumpulin lagi. Katanya terbitan baru karangan enyd blyton tidak sama dengan terbitan thn 80 an. Illustrasinya dihilangkan, benar gak sih?

 

Post a Comment

<< Home